Sabtu, 26 April 2014

Raja dan Anak Rajawali

Suatu hari seorang Raja mendapatkan hadiah 2 ekor anak rajawali.  Raja senang sekali dan selalu memamerkan anak rajawalinya kepada keluarga, menteri-menteri, tamu-tamu dan siapa saja yang ditemuinya

Lalu sang Raja berpikir, akan bagus sekali jika rajawali ini dilatih untuk terbang tinggi.  Tentulah akan lebih indah lagi.  Kemudian ia memanggil pelatih burung yang tersohor di negerinya untuk melatih kedua anak burung rajawali miliknya itu.

Setelah beberapa bulan, pelatih burung itu melapor kepada Raja.  Seekor rajawali telah terbang tinggi dan melayang-melayang di angkasa dengan indahnya.  Akan tetapi seekor lagi tidak mau beranjak dari pohonnya sejak hari pertama ia tiba.

Raja pun memanggil semua ahli hewan dan para tabib sakti untuk memeriksa rajawali kesayangannya itu. Namun semua usaha sang Raja tidak membuahkan hasil.  Tidak ada seorang pun yang berhasil "menyembuhkan" dan membuat rajawali itu terbang.  Rajawali itu tidak kunjung bergerak dari dahannya.

Suatu hari terbersit sebuah ide dalam benak Raja.  Ia ingin memanggil orang yang biasa "melihat" rajawali.  Setelah bertanya kepada rakyat di negerinya, kemudian ia bertemu dengan seorang petani yang sangat mengenal sifat rajawali .  Sang Raja meminta bantuan petani itu.

Keesokan harinya ketika Raja mengunjungi rajawali ini, ia kaget melihat rajawali kesayangannya itu sudah terbang tinggi.  Dengan penuh penasaran Raja bertanya kepada petani, "Apa yangtelah kamu lakukan sehingga rajawaliku itu mau terbang tinggi ?

Petani menjawab, "Saya hanya memotong cabang pohon yang selama ini dihinggapinya saja yaitu DAHAN yang membuatnya NYAMAN"

Perenungan ......
Kita dilahirkan untuk sukses seperti seekor Rajawali,kita ditakdirkan untuk terbang tinggi. Namun, ketika kita memegang erat ketakutan kita, dan tak mau melepaskan ketakutan itu, maka kita tidak akan beranjak dari posisi itu.  Kita enggan keluar dari zona kenyamanan, takut  tidak mau melepaskannya.  Takut gagal, takut kecewa,takut capek,takut malu dan ketakutan lainnya.

Satu-satunya cara untuk bisa membumbung tinggi adalah keluar dari zona nyaman...!

Tidak ada jalan pintas...
Hanya ada 2 pilihan : tetap bergantung di dahan selamanya atau membumbung ke angkasa...

References :
Pictures : www.scottsquires.com

2 komentar:

  1. Ceritanya super dan inspiratif... Izin copas..tks.

    BalasHapus
  2. Silahkan, blog ini dibuat memang untuk membagi apa yang saya dapat

    BalasHapus